6 Upacara Bendera Unik Memperingati Kemerdekaan Indonesia

6 Upacara Bendera Unik Memperingati Kemerdekaan Indonesia

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat dengan antusias. Salah satu cara yang dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2021 adalah dengan upacara bendera.

Kegiatan upacara bendera biasanya dilakukan di lapangan terbuka. Namun, beberapa orang yang merayakan tanggal 17 Agustus dengan mengadakan upacara bendera yang unik dan tidak biasa. Berikut ini daftarnya:

1. Upacara di puncak gunung

Gunung Sumeru adalah gunung yang kerap dijadikan lokasi untuk upacara bendera untuk memperingati tanggal 17 Agustus oleh para pendaki. Tren ini semakin terkenal karena kegiatan ini masuk di dalam film 5CM.

2. Upacara di bawah laut

Tahun 2020 lalu, dalam rangka memperingati HUT RI ke-75, komunitas penyelam di Sorong bersama dengan personel TNI dan POLRI menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut Raja Ampat, Papua Barat. Selain untuk tujuan memperingari hari kemerdekaan, aksi ini juga dilakukan untuk mempromosikan keeksotisan wisata bawah laut di Pulau Mantan Raja Ampat.

3. Upacara bersama gajah

Upacara unik lainnya dilakukan di Conservation Respons Unit (CRU) Sampoiniet di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh. Upacara bendera biasanya dilakukan oleh sekelompok manusia. Namun, pada upacara ini turut hadir pula sekelompok gajah yang membawa bendera dengan belalainya.

4. Upacara dengan baju hazmat

Tahun 2020 lalu, walau diselimuti kabut pandemi Covid-19 yang belum usai, sejumlah relawan Tim Kubur Cepat Posko Dukungan Operasional Satgas Penanganan Covid-19 DIY masih semangat melakukan upacara bendera untuk memperingati HUT RI ke-75. Upacara ini dilakukan dengan memakai baju hazmat dengan tujuan mengajak masyarakat untuk terus menaati protokol kesehatan demi mencegah tersebarnya virus Covid-19.

5. Upacara dengan kostum wayang

Upacara unik lainnya dilakukan oleh warga di Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo. Warga melakukan upacara normalnya upacara bendera dilakukan. Uniknya, mereka menggunakan kostum wayang lengkap sebagai pelestarian budaya Jawa. Selain itu, upacara yang dilakukan 17 Agustus 2020 lalu diikuti warga dengan menerapkan protokol kesehatan.

6. Upacara di kebun

Untuk merayakan HUT RI ke-75, sekelompok anggota Kelompok Tani Sumber Rejeki mengibarkan Sang Saka Merah Putih di kebun garapan mereka di Jalan Betutu, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Selain keunikan dengan dilakukan di kebun, upacara ini juga dilakukan dengan peserta yang memakai pakaian kerja mereka sehari-hari, yaitu caping dan sepatu boot.

YafiaPersahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti.

Posting Komentar untuk "6 Upacara Bendera Unik Memperingati Kemerdekaan Indonesia"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *