7 Makanan yang Dapat Mengurangi Risiko Terinfeksi Virus dan Bakteri

7 Makanan yang Dapat Mengurangi Risiko Terinfeksi Virus dan Bakteri

Saat ini penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri dapat dengan cepat dan mudah menyebar. Jika tidak diikuti oleh sistem kekebalan yang baik, bisa membuat Anda lebih mudah terserang penyakit, seperti flu, bronkitis, hingga tonsilitis.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari Anda dari serangan virus dan bakteri, salah satunya adalah melalui makanan. Mengutip dari laman milik Kementerian Kesehatan, promkes.kemkes.go.id, berikut ini adalah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi risiko terpapar penyakit akibat infeksi virus dan bakteri:

1. Yogurt

Sebagai salah satu makanan yang mengandung probiotik, yogurt memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, khususnya dalam mengobati infeksi. Bakteri baik yang ada pada yogurt akan otomatis bekerja secara baik jika ada ketidak seimbangan antara bakteri baik dan yang berbahaya di dalam tubuh.

2. Jahe

Jahe dipercaya memiliki manfaat bagi sistem imum. Sifat antibakteri dan antibiotik yang ada pada jahe dipercaya bisa melindungi tubuh dari berbagai infeksi virus flu dan faringitis.

3. Jeruk Bali

Jeruk bali merupakan salah satu penghasil vitamin C. Vitamin C yang ada pada jeruk bali dipercaya mampu melawan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

4. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi mengandung probiotik. Makanan fermentasi akan meminimalkan risiko peradangan dan membantu tubuh dalam melakukan proses detoksifikasi.

5. Biji-Bijian

Biji-bijian mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain itu, indeks glisimik rendah yang ada pada biji-bijian dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah.

6. Buah Beri

Buah beri banyak mengandung polifenol, fitokimia, dan flavonoid. Ketiga hal tersebut bermanfaat untuk memperkuat sistem imun pada tubuh.

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau dipercaya dapat memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu, sayuran hijau dapat mencegah penyakit-penyakit yang disebabkan oleh infeksi.

YafiaPersahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti.

Posting Komentar untuk "7 Makanan yang Dapat Mengurangi Risiko Terinfeksi Virus dan Bakteri"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *