Besok Hari Tanpa Belanja, Ini Awal dan Sejarahnya

Besok Hari Tanpa Belanja, Ini Awal dan Sejarahnya

Jakarta -Hari Tanpa Belanja atau Buy Nothing Day diperingati setiap tahunnya di seluruh dunia. Peringatan ini dilakukan satu hari setelah perayaan Thanksgiving.

Tahun ini, Hari Tanpa Belanja diperingati pada 26 November 2021.

Hari Tanpa Belanja ini muncul sebagai protes terhadap konsumerisme yang berlebihan. Pada Hari Tanpa Belanja Nasional, kita diharapkan menahan diri untuk tidak berbelanja sepanjang hari tersebut.

Tentu ini bukan hal yang mudah karena kita terbiasa membeli berbagai barang, baik yang benar-benar dibutuhkan mau pun yang tidak.

Pada awalnya, Hari Tanpa Belanja muncul di Vancouver, Kanada pada bulan September 1992. Gerakan sehari tanpa belanja ini diinisiasi oleh seorang seniman bernama Ted Dave.

Peringatan ini muncul sebagai ajang untuk masyarakat menilai kembali masalah konsumsi berlebihan yang ada di masyarakat.

Dilansir dari laman Day of The Year, pada tahun 1997, banyak negara memindahkan Hari Tanpa Belanja ke hari Jumat setelah Thanksgiving, atau yang sering disebut dengan Black Friday. Pemindahan tanggal ini merupakan sesuatu yang memiliki makna simbolis karena Balck Friday merupakan salah satu tanggal belanja tersibuk di dunia.

Pada Black Friday, banyak perusahaan yang memberikan potongan harga besar-besaran. Belanja pada hari Black Friday sudah menjadi budaya yang tertanam di Amerika. Sayangnya, Ted Dave melihat hari yang awalnya dimaksudkan untuk bersyukur malah menjadi kekacauan dan keserakahan karena banyak orang yang berbelanja melebihi apa yang dibutuhkan. Karena itu lah, muncul Hari Tanpa Belanja setiap Black Friday untuk melawan konsumerisme.

Selain itu, Hari Tanpa Belanja juga dimaksudkan untuk mengurangi limbah yang terjadi akibat belanja online.

Limbah ini mencakup barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan tetapi tetap dibeli, kemasan untuk membungkus barang yang akan diposkan, serta polusi dari kendaraan yang mendistribusikan barang belanjaan.

Hari Tanpa Belanja ini juga merupakan upaya untuk mengurangi pemborosan dan pengeluaran tambahan yang sering terjadi pada minggu-minggu Thanksgiving dan Natal.

Setelah menghabiskan dana untuk makanan, dekorasi, hadiah, tiket perjalanan, dan lain-lain. Beberapa orang merasa harus melakukan detoks pengeluaran di Hari Tanpa Belanja ini.

YafiaPersahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti.

Posting Komentar untuk "Besok Hari Tanpa Belanja, Ini Awal dan Sejarahnya"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *