Ini Beragam Manfaat QR Code untuk Toko Online

Ini Beragam Manfaat QR Code untuk Toko Online

Quick Response Code (QR Code) adalah barcode dua dimensi yang dapat menyimpan data. Alat ini dikembangkan oleh Denso Corporation dari Jepang. QR Code ini dapat digunakan secara gratis untuk keperluan komersial seperti toko online.

QR code dapat dibaca menggunakan berbagai software gratis yang tersedia pada berbagai platform. Alat ini dapat memudahkan transaksi dalam toko online. Hal ini terjadi karena perubahan budaya masyarakat yang berubah ke digital. Mengutip dari laman Niagahoster, berikut berbagai manfaat menggunakan QR Code sebagai metode transaksi toko online:

1. Meningkatkan transaksi penjualan

Scan QR code bisa dilakukan dengan mudah dan membutuhkan waktu yang singkat. Bagi pelanggan, QR Code juga akan membantu mereka untuk menemukan promo produk lebih cepat dan memproses pembelian tanpa repot. Semakin banyak pelanggan yang melakukan transaksi dengan menggunakan QR code, maka semakin besar juga kesempatan transaksi terjadi.

2. Biaya Promosi Lebih Hemat

Ketika meluncurkan katalog produk terbaru dalam bentuk pamflet, tentu perlu proses produksi yang cukup lama. Selain itu, biaya pembuatannya juga tidak murah. Belum lagi diperlukan upaya ekstra untuk mempromosikannya. QR Code bisa membuat upaya promosi toko online menjadi lebih efektif dan irit.

3. Menarik pengunjung toko online dengan mudah

Cukup dengan sekali pemindaian, pelanggan bisa diarahkan ke link tujuan. Bahkan, hal ini mungkin tidak terjadi di satu pelanggan saja, tapi di banyak pelanggan. Selain itu, QR Code juga bisa dibagikan melalui media sosial secara luas. Dengan begitu kemungkinan peningkatan traffic pengunjung toko online bisa semakin tinggi.

4. Membangun Branding Toko Online

Seseorang bisa saja membuat QR Code standar seperti yang biasa ditemukan. Namun, menambahkan logo jualan pada setiap QR code akan membantu upaya branding. Bukan hanya untuk mengenalkan brand bagi bisnis yang masih baru, hadirnya logo pada setiap promosi dan aktivitas bisnis di toko online dapat membantu upaya brand awareness dengan lebih baik.

5. Membangun User Experience yang baik

Dengan menggunakan QR Code, maka pengunjung tidak perlu khawatir terjadi typo ketika mengetikkan alamat website toko. Selain itu, QR Code juga sangat mobile friendly karena dengan bentuk yang kecil mampu memuat informasi lengkap di dalamnya. Cukup sekali scan dari ponsel, pengunjung bisa mengakses informasi promo produk toko online secara lengkap.

YafiaPersahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti.

Posting Komentar untuk "Ini Beragam Manfaat QR Code untuk Toko Online"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *