Ini Perbedaan Daging Merah dan Daging Putih

Ini Perbedaan Daging Merah dan Daging Putih

Daging merupakan sumber vitamin dan protein berkualitas tinggi yang baik bagi tubuh. Secara umum daging dibagi menjadi dua jenis, yakni daging merah dan daging putih.

Mengutip dari laman resmi Yayasan Gastroenterologi Indonesia, perbedaan warna daging merah dan daging putih disebabkan oleh kandungan mioglobin, yakni protein yang berfungsi menyimpan dan mengangkut oksigen ke otot melalui aliran darah. Daging merah mengandung mioglobin yang relatif lebih banyak dibandingkan daging putih.

Jenis daging yang termasuk daging merah adalah daging sapi, kambing, dan kerbau. Sedangkan yang termasuk daging putih antara lain unggas seperti ayam, burung, kalkun, ikan, dan makanan laut lainnya seperti udang dan kerang.

Perbedaan lain dari daging merah dan daging putih adalah pada kandungan lemaknya. Daging putih merupakan sumber protein dan memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Sebaliknya, daging merah mengandung kadar lemak yang lebih tinggi, namun juga memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi.

Vitamin yang terkandung dalam daging merah antara lain vitamin B, zat besi, dan zat seng. Jenis zat besi pada daging merah adalah zat besi heme yang lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan zat besi yang ditemukan di sumber nabati.

Baik daging merah maupun daging putih, keduanya memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Meski demikian, asil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daging merah secara berlebihan dapat mencetuskan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner, diabetes, strok, obesitas, dan kanker usus

Ketika daging merah dimasak dengan suhu tinggi, apalagi jika sampai hangus, maka akan terbentuk senyawa penyebab kanker yang disebut senyawa karsinogenik. Untuk menghindari hangus saat memasak, sebaiknya potong lemak yang terlihat di sekitar tepi daging merah.

Tidak Semua Ikan Cocok Diolah Menjadi Bakso Ikan, Begini Penjelasannya

YafiaPersahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti.

Posting Komentar untuk "Ini Perbedaan Daging Merah dan Daging Putih"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *