Kenali Tingkat Jabatan Pramugari Mulai Junior Hingga Pusher

Kenali Tingkat Jabatan Pramugari Mulai Junior Hingga Pusher

Pramugari adalah salah satu profesi yang diminati banyak orang. Selain karena penghasilannya yang lumayan, profesi pramugari sering dianggap menyenangkan karena bisa mengikuti penerbangan ke berbagai destinasi. Meski begitu, tidak semua orang paham betul mengenai tugas dan tingkatan jabatan pramugari.

Melansir dari laman Sekolah Penerbangan FAAST, tugas pramugari sudah dimulai sejak pesawat akan lepas landas. Pramugari akan melakukan briefing dengan bahasan mengenai penerbangan yang akan dilakukan. Setelah itu, pramugari bertugas untuk memastikan alat keselamatan dan makanan yang dikonsumsi dalam kondisi baik. Pramugari juga harus mengecek kesiapan pesawat sebelum dimasuki penumpang.

Saat penumpang mulai memasuki pesawat, pramugari bertugas untuk menyambut dan menyapa mereka. Pramugari juga akan membantu penumpang yang masih kesulitan mencari tempat duduk atau menaruh barang. Tugas lain pramugari yakni memperagakan cara memakai alat keselamatan dan menghimbau agar penumpang menonaktifkan alat elektronik.

Ketika pesawat sudah terbang, tugas pramugari adalah menawarkan makanan dan minuman kepada penumpang. Tugas tersebut tentunya harus dilakukan dengan penuh kesopanan dan keramahan. Jika ada penumpang yang sakit, pramugari dituntut untuk cepat tanggap dalam memberikan pertolongan pertama. Pramugari juga memiliki tugas untuk melakukan pendampingan pada penumpang anak-anak, lanjut usia dan berkebutuhan khusus.

Profesi pramugari memiliki beberapa tingkatan jabatan. Masing-masing jabatan biasanya dibedakan dengan warna seragam yang dikenakan. Mulai dari jenjang paling bawah ke jenjang paling atas, berikut ini merupakan urutan jabatan pramugari :

Pramugari tingkat junior-senior merupakan jabatan yang tugas utamanya memberikan pelayanan pada penumpang pesawat. Pramugari tingkat junior biasanya memberi pelayanan di kelas ekonomi, sementara tingkat senior di kelas bisnis.

Jabatan maitre d’cabin diberikan pada pramugari yang bertugas sebagai koordinator tiap kelas dalam penerbangan. Pramugari dengan jabatan ini biasanya diikutsertakan dalam penerbangan pesawat besar seperti Airbus dan Boeing 777.

Jabatan tertinggi pramugari adalah Flight Manager Service (FMS) atau yang disebut juga Pusher. Pusher bertanggung jawab terhadap dokumen-dokumen penting selama penerbangan. Pusher juga memiliki peran untuk menjembatani pilot dengan pramugari di bawahnya.

YafiaPersahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti.

Posting Komentar untuk "Kenali Tingkat Jabatan Pramugari Mulai Junior Hingga Pusher"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *