Keunikan Arslantepe Mound di Turki yang Jadi Situs Warisan Dunia Terbaru UNESCO

Keunikan Arslantepe Mound di Turki yang Jadi Situs Warisan Dunia Terbaru UNESCO

UNESCO telah memiliki lebih dari seribu Situs Warisan Dunia. Per tahun 2020 hingga 2021, UNESCO kembali menetapkan puluhan Situs Warisan Dunia terbaru. Salah satunya berasal dari Turki.

The Arslantepe Mound diresmikan pada 2020 . Zaman dulu, sekitar milenium ke – 6 SM hingga periode akhir Romawi, banyak permukiman-permukiman yang membuat gundukan seluas 4 hektare dengan tinggi 30 meter. Hal ini membuat The Arslantepe Mound jadi kaya akan sejarah mengenai masa ribuan tahun lalu.

Jika dijelaskan secara rinci, gundukan bersejarah ini terletak 5 kilometer dari pusat kota dan 15 kilometer dari Sungai Efrat. Malatya hanya berjarak satu jam penerbangan dari Istanbul.

Kumpulan benda bersejarah ini dinilai memiliki struktur arkeologi yang berusia 8.000 tahun lamanya. Masuknya The Arslantepe Mound menjadi tempat ke-18 yang menjadi Situs Warisan Dunia dari Turki.

Ada begitu banyak benda bersejarah yang dapat digali dari tumpukan ini seperti logam, senjata bahkan pedang. Wajar saja, karena wilayah ini telah diduduki dari zaman Perunggu Awal hingga Akhir dan juga Zaman Besi

Selain itu, UNESCO telah mengumumkan 37 Situs Warisan Dunia terbaru periode 2020-2021. Diantaranya ada dari negara Peru, Belgia, India, Jerman, Spanyol dan masih banyak lagi.

YafiaPersahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti.

Posting Komentar untuk "Keunikan Arslantepe Mound di Turki yang Jadi Situs Warisan Dunia Terbaru UNESCO"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *