Mengenal Bunga Tabebuya, Si Mirip Bunga Sakura dari Brasil

Mengenal Bunga Tabebuya, Si Mirip Bunga Sakura dari Brasil

Mungkin bagi Warga Surabaya, nama bunga tabebuya sudah tidak asing lagi. Ditanam di beberapa sudut kota, bunga ini berhasil memberikan keindahan tersendiri bagi Kota Surabaya layaknya suasana di Negara Jepang. Bagaimana tidak, bunga tabebuya sekilas mirip dengan bunga sakura ketika bunga ini mekar.

Tak mengherankan, banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Surabaya untuk melihat bunga tabebuya yang mirip bunga sakura sekaligus merasakan sensasi berlibur di Jepang. Namun, bagi sebagian orang, bunga tabebuya cukup asing di telinga. Berikut ulasan mengenai bunga tabebuya dilansir dari berbagai sumber.

Bunga tabebuya (handroanthus chrysotrichus) atau yang juga dikenal dengan nama pohon terompet emas, merupakan sebuah tanaman dengan jenis pohon berukuran besar. Bunga tabebuya memiliki sebutan lain, diantaranya bunga roble, bunga may (may flower), dan apamate. Meskipun bentuknya mirip dengan bunga Sakura, tetapi ternyata bunga tabebuya bukan merasal dari Jepang. Sebagaimana dijelaskan dalam laman doc-developpement-durable.org, bunga ini berasal dari Brasil. Dalam bahasa brazil, bunga tabebuya dikenal dengan nama Tabebuia serratifolia.

Dilansir dari laman apps.worldagroforestry.org, pohon dari bunga tabebuya dapat tumbuh hingga tinggi lebih dari 20 meter dengan ukuran bunganya berkisar antara 3-11 cm. Daya tarik bunga ini terletak ketika bunganya bermekaran. Bunga tabebuya berbentuk terompet dan bergerombol. Bahkan bunga tabebuya dapat mekar dalam jumlah banyak tanpa henti sejak pertama kali mekar, yakni di awal musim kemarau hingga menjelang musim hujan.

Mengutip laman e-katalog.lkpp.go.id, bunga tabebuya memiliki beragam jenis dengan warna yang berbeda-beda. Warna-warna bunga tabebuya diantaranya warna kuning, ungu, pink, dan merah tua. Di Indonesia, varian yang paling banyak dijumpai adalah bunga tabebuya bewarna kuning.

Perawatan bunga tabebuya juga terbilang mudah. Melansir laman hort.ifas.ufl.edu, selain karena tidak mudah layu, juga bunga tabebuya jarang diserang penyakit atau hama. Bunga tarbebuya dapat hidup di berbagai jenis tanah, baik tanah di negara tropis maupun subtropis. Oleh karena itu, bunga tabebuya banyak dijadikan sebagai tanaman hias yang cukup populer.

YafiaPersahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti.

Posting Komentar untuk "Mengenal Bunga Tabebuya, Si Mirip Bunga Sakura dari Brasil"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *