Sebab Jangan Berlebihan Minum Air Kelapa Muda, Ada Zat yang Bahaya buat Jantung

Sebab Jangan Berlebihan Minum Air Kelapa Muda, Ada Zat yang Bahaya buat Jantung

Minum air kelapa muda di tengah hari yang panas memang menyegarkan. Air kelapa muda memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menghidrasi tubuh, cocok diminum setelah olahraga, ketika demam, dan diare.

Ahli farmakologi dari Universitas Indonesia, Purwantyastuti mengatakan air kelapa merupakan minuman yang mampu mengisi kembali elektrolit dalam tubuh. “Elektrolit adalah mineral yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan,” kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis 19 Agustus 2021.

Beberapa elektrolit vital yang dibutuhkan tubuh, yakni kalium, magnesium, natrium, dan kalsium, semuanya terkandung dalam air kelapa muda. Beberapa penelitian menyatakan air kelapa mungkin lebih bermanfaat ketimbang minuman berenergi untuk mendapatkan cairan kembali.

Dengan berbagai manfaat tadi, apakah kita boleh mengkonsumsi air kelapa muda saja setiap hari dan mengabaikan air mineral?

Purwantyastuti mengingatkan agar tidak berlebihan minum air kelapa. Musababnya, ada satu zat yang jika berlebihan akan berbahaya untuk kesehatan jantung. Zat itu adalah kalium. “Kalium dapat menjadi masalah bila kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh,” ujarnya.

Selain dari air kelapa, kalium juga terkandung dalam asupan lain, seperti makanan dan minuman. Kadar kalium yang terlalu tinggi dapat mengganggu fungsi jantung, terutama dalam aktivitas listrik. Kalium yang terlalu tinggi juga mengakibatkan hiperkalemia. Gejalanya antara lain lemah atau mudah lelah, mual, nyeri otot, sesak napas, hingga detak jantung atau nyeri dada yang tak biasa.

Kendati memiliki manfaat yang banyak, Purwantyastuti menambahkan, jangan sampai air kelapa dikonsumsi untuk memenuhi seluruh kebutuhan air dalam sehari, yakni delapan sampai sepuluh gelas sehari. Jadi, minum air kelapa secukupnya saja, misalkan satu atau dua gelas sehari.

Pun tiada cara minum air kelapa yang khusus. Air kelapa muda dapat dikonsumsi seutuhnya tanpa campuran apapun, ada pula yang minum air kelapa muda dengan dicampur madu dan lemon, dan sebagainya. “Selama tidak berlebihan, air kelapa tidak akan menimbulkan masalah kesehatan,” katanya.

YafiaPersahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti.

Posting Komentar untuk "Sebab Jangan Berlebihan Minum Air Kelapa Muda, Ada Zat yang Bahaya buat Jantung"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *