Trik Membuat Password Kuat Anti Peretasan, Jangan Buat Kata Sandi Begini

Trik Membuat Password Kuat Anti Peretasan, Jangan Buat Kata Sandi Begini

JAKARTADi era digitalisasi, penggunaan akun digital dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan penting. Dan, tentu saja password memegang peranan penting. Satu akun digital dapat digunakan untuk berbagai layanan elektronik, mulai dari akun surel, dompet elektronik, media sosial, hingga rekening bank. Oleh karena itu, akun digital yang menyimpan data-data penting pribadi harus didukung dengan keamanan yang ketat, termasuk pemilihan password agar tidak diketahui orang lain.

Dilansir dari laman Web Root, kesalahan umum dalam memilih password yaitu penggunaan kata sandi yang identik dan sama antara satu akun digital dengan akun yang lain. Kata-kata yang dipakai dalam password juga seringkali berhubungan dekat dengan kehidupan anda.

Padahal, password yang kuat dilihat dari unsur-unsur seperti panjang huruf, campuran huruf (huruf besar dan kecil), angka, simbol, tidak ada ikatan dengan informasi pribadi, dan tidak terdapat pada kamus. Selain itu, mencampurkan aspek-aspek tersebut dalam pemilihan kata sandi semakin menguatkan password akun digital.

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan dalam pemilihan password untuk akun digital sebagaimana dikutip dari laman Terranova Security

Hindari penggunaan huruf atau nomor yang berurutan

Jangan menggunakan huruf atau nomor yang berurutan atau berdekatan dengan papan ketik, misal 12345, qwerty, jklmn, dan sejenisnya. Penggunaan huruf atau angka yang berdekatan rentan mudah diretas.

Hindari penggunaan password yang mengandung informasi pribadi

Jangan memakai kata sandi yang berhubungan dengan informasi pribadi yang mudah dipelajari melalui profil pengguna atau mesin pencarian, mulai dari tanggal dan bulan lahir, nama hewan peliharaan, nama alamat email, nomor telepon, dan sejenisnya.

Gunakan kombinasi minimal delapan huruf, angka, dan simbol

Semakin panjang dan rumit kombinasi karakter yang digunakan, maka semakin sulit untuk ditebak.

Menggunakan fitur pengelola sandi untuk menyimpan password

Pengguna akun digital sangat disarankan untuk tidak mencatat password akun digital secara fisik, baik di atas kertas atau menyimpan dalam dokumen komputer. Pengguna dapat menggunakan alternatif berupa aplikasi password manager untuk menulis dan menyimpan seluruh password akun digital dengan mudah.

Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk seluruh akun digital

Setiap perangkat, aplikasi, situs web, dan perangkat lunak lainnya memerlukan password yang unik dan kuat. Namun, pastikan tidak menggunakan password yang sama untuk seluruh akun digital yang dimiliki guna menghindari peretasan.

YafiaPersahabatan tidak perlu saling mengerti. Karena sahabat akan saling menerima hal yang tak bisa dimengerti.

Posting Komentar untuk "Trik Membuat Password Kuat Anti Peretasan, Jangan Buat Kata Sandi Begini"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *